Rabu, 14 Maret 2012

Nyamankah TV Internet untuk video chat? (by Otakku)


Setelah membahas Telikin PC untuk orang tua (manula), kami baru keinget bahwa kami lupa berbagi pengalaman yang satu ini. Bulan lalu kami akhirnya memutuskan untuk membeli internet TV dari Sony dengan ukuran kecil 22 inch (tipe KDL-22CX400) plus tambahan webcam khusus (CMU-BR100) yang kami taruh di Jepang sana untuk memudahkan komunikasi (video chat) dengan keluarga disana.

Tujuannya ada 2 yaitu biar biaya telpon internasional bisa dipangkas sampai 0% dan komunikasi jauh lebih asik karena bisa lihat-lihatan (video chat). Sebenarnya sebelum keputusan untuk membeli internet TV diambil, kami ingin membeli iPad 2 lagi tetapi karena ini untuk orang tua, ternyata penggunaan Skype di iPad 2 bukanlah hal yang mudah bagi para manula. :-)
Internet TV akhirnya dipilih (dibanding tablet) karena ada 2 faktor:
– Pengoperasian jauh lebih mudah
  Tidak perlu nyalain atau matiin atau isi ulang baterai seperti di iPad/ tablet    
  dan Skype selalu dalam keadaan StandBy dimana bila ada panggilan
  masuk maka kita cukup menekan tombol "telpon berwarna hijau".
– Harganya tidak jauh berbeda (karena ukuran kecil dan ada diskon)
   Total pembelian sekitar Rp. 5 jutaan.

Disini kami tidak akan membahas fitur lain selain penggunaan Skype karena memang disinilah pengalaman yang menurut kami bisa berguna bagi anda yang juga berniat untuk melakukan hal yang sama.
Sebagai informasi tambahan, untuk koneksi internet ke TV Sony ini kami menggunakan WiMax plus docking (beli terpisah) untuk bisa tersambung dengan kabel LAN, kami pernah membahas disini dimana secara teori memang mampu menangani video chat dengan baik.
Pasti ingin tahu dong apakah kualitas videonya bagus atau tidak?
Nah, ternyata eh ternyata bisa dibilang membeli TV Internet agak sedikit mubazir karena kualitas video chat sangat buruk (lag banget).

Hampir semua video chat antara TV dengan Samsung Galaxy S2 kami sangat tidak memuaskan karena lag banget tetapi bila sebatas voice chat, suara sangat jernih dan lancar.
Pertama kami pikir ini masalah kecepatan internet saja tetapi masalahnya apabila video chat (dengan Skype) dilakukan antara Samsung Galaxy S2 dengan iPad 2, gambar terlihat cukup baik dan pastinya tidak terjadi lag.
Sebenarnya kami sudah diberitahu oleh penjaga toko disana bahwa sebenarnya internet TV untuk video chat (skype) agak sedikit dipaksakan mengingat prosesor yang digunakan di dalamnya sebenarnya bukan untuk melakukan video chat (lebih untuk browsing dan nonton Youtube).
Kedua walaupun ini jarang terjadi adalah Automatic Login di Skype ternyata tidak selalu berjalan lancar terutama bila WiMax mati atau dicabut sehingga kadang Skype mati (log off) dan yang jadi masalah, untuk membuatnya bisa login kembali bukanlah perkara mudah bagi manula apalagi ditambah dengan menggunakan remote TV.
Ujung-ujungnya bila ini terjadi maka kami harus meminta bantuan dari anggota keluarga kami lainnya yang tinggalnya tidak serumah. :-(
Kesimpulannya sejauh ini, kami akhirnya tidak bisa menikmati fasilitas video chat dimana sebenarnya itulah tujuan utama kami, akhirnya komunikasi hanya selalu dilakukan melalui fitur voice chat yang juga ada di Skype.
Jadi apakah internet TV tidak berguna untuk video chat?
Jawabannya belum tentu tidak berguna karena mengingat yang kami beli ini model lama jadi mungkin saja model baru punya prosesor yang lebih cepat dan mungkin juga beda merek bisa beda kualitas.

Intinya disini, sebelum anda membelinya mungkin bisa mencobanya terlebih dahulu bila memungkinkan atau bisa cek dulu di internet apakah TV Internet yang akan dibeli punya kualitas bagus atau tidak untuk melakukan video chat.
Semoga pengalaman kami ini bisa berguna bagi yang mau beli internet TV dengan tujuan video chat, selain video chat seperti untuk browsing dan nonton YouTube sama sekali tidak ada masalah.
 
Sumber berita
Internet TV for Skype (by Otakku)

0 komentar:


ISI DENGAN TULISAN/URL GAMBAR /EMBED VIDEO/KODE BUKU TAMU DLL YANG AKAN DISEMBUNYIKAN
/ /
 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com