Senin, 30 Januari 2012

Setting Mikrotik dengan Winbox


1. Yang paling pertama adalah proses install Mikrotik-nya sudah OK. ( ya iyalah Mas, kalo belum OK, apa yang mau di setting..hehehe). Setelah itu setting IP PC kita dengan IP SEMBARANG, misalnya dengan ip 192.168.1.100. Oh ya jangan lupa, konek-in PC kita ke PC Mikrotiknya, biasanya sih kalo konek PC to PC harus menggunakan kable Cross.


2. Kemudian buka winbox nya. Kalo belum punya silahkan dowload di web mikrotik.co.id. atau bisa download disini
Dengan Winbox ini kita bisa mendeteksi System Mikrotik yang sudah di install asalkan masih dalam satu network, yaitu dengan mendeteksi MAC address dari ethernet yang terpasang di Mikrotik.


3. Tampilan setelah berhasil Login Mikrotik melalui Winbox.

4.Setting IP Address Public (dari ISP) pada Eth1


5. Setting IP Address LAN ( untuk Client) pada Eth2

6. Setting Gateway Mikrotik , IP --> Routes


7. Setting IP DNS


Disini Mas Nyoto dalam setting DNS, untuk "Allow Remote Requests" di centang. Supaya PC client bisa menggunakan ip gateway sebagai DNS.

Setalah setting DNS, coba buka "New Terminal" dan coba ping ke gateway dan ping he yahoo.com. Apa bisa sudah reply, berarti setting Mikrotik sudah berhasil. dan langkah terakhir adalah setting NAT untuk client supaya bisa akses keluar.

8. Setting NAT untuk Client



Sampai disini setting Mikrotik sudah selesai. Tinggal di test dari cleint dech. Apa bila dari client sudah berhasil ping yahoo.com dan bisa browsing, berarti settingan kita berhasil.

0 komentar:


ISI DENGAN TULISAN/URL GAMBAR /EMBED VIDEO/KODE BUKU TAMU DLL YANG AKAN DISEMBUNYIKAN
/ /
 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com